It's better to be the only one, rather than the number one

Seminar Nasional Road to Reforma Agraria Summit 2024

Yogyakarta, 6 Juni 2024 – Dalam rangka Reforma Agraria Summit 2024, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Strategi Percepatan Implementasi Reforma Agraria: Melanjutkan Penyelesaian Persoalan Agraria untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat”. Seminar ini diikuti oleh peserta luring di Pendopo STPN dan secara daring melalui kanal Zoom dan Live Streaming YouTube.

Kegiatan diawali laporan Ketua STPN dilanjutkan penyampaian Keynote Speech oleh Dr. Dalu Agung Darmawan, M.Si., selaku Direktur Jenderal Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN mengenai strategi percepatan RA oleh Kementerian ATR/BPN. Acara dilanjutkan dengan Pemaparan Materi dari Narasumber dan diskusi yang dimoderatori oleh Trisnanti Widi Rineksi, S.T., MMG., M.Eng. Enam narasumber yang tampil antara lain Prof. Dr. Nia Kurniati, S.H., M.H. (Guru Besar Hukum Agraria Universitas Padjajaran), Dr. Lilis Mulyani (Kepala Pusat Riset Masyarakat dan Budaya BRIN), Ir. Rakhmat Hidayat (Manajer Regional Kantor Riau World Resources Institute), Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, M.Sc. (Dosen Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada), Prof. Dr. Imam Koeswahyono, S.H., M.Hum. (Guru Besar Hukum Agraria Universitas Brawijaya), dan M. Nazir Salim, S.S., M.A. (Dosen Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional).

Di akhir acara ditayangkan video Menteri ATR/BPN yang memberikan sambutan penutup. Beliau menyampaikan harapannya agar seminar ini dapat menghasilkan pemikiran yang produktif dan menjawab tantangan yang dihadapi dalam percepatan RA ini.

Salah satu rangkaian kegiatan Seminar Nasional dalam rangka Reforma Agraria Summit 2024 di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) adalah Presentasi Makalah yang diikuti oleh sejumlah 57 presenter.

Para presenter berasal dari berbagai kalangan yaitu akademisi dan mahasiswa, peneliti, praktisi, dan berbagai pihak terkait yang berminat dan telah mengumpulkan paper. Presenter dari masing-masing sub tema dipersilahkan untuk mempresentasikan tulisannya dengan dipandu oleh moderator. Sub tema presentasi meliputi Reforma Agraria (RA) dan penyelesaian konflik agraria, penataan akses RA untuk membangun kesejahteraan masyarakat, dan juga analisa pemanfaatan tanah untuk mendukung percepatan RA lainnya. Tulisan dari para presenter diharapkan dapat dijadikan policy paper yang berguna untuk pengambil kebijakan, akademisi, dan masyarakat luas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story