
Yogyakarta, 15 Mei 2023, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat – Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (PPPM-STPN) melaksanakan kegiatan Kolokium Proposal Penelitian Sistematis tahun 2023. Kolokium dilaksanakan di Ruang Rapat PPPM. Penelitian sistematis merupakan salah satu model penelitian untuk merespon persoalan pertanahan yang dihadapi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten dengan memberikan rekomendasi berupa kertas kebijakan. Pada tahun ini skema kegiatan dilakukan dengan mekanisme call for proposal dalam rangka menjaring minat dan potensi para dosen. Penelitan sistematis ini bersifat kolaboratif yang akan melibatkan dosen dan calon dosen serta taruna. Proposal penelitian yang telah diajukan calon peneliti dipresentasikan untuk mendapatkan masukan dari reviewer dalam rangka menyempurnakan rencana penelitian yang akan diambil. Bertindak sebagai reviewer dalam kegiatan ini antara lain Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S., Prof. Dr. Ir. Rochmat Martanto, M.Si., Sarjita, S.H., M.Hum., Dr. Sutaryono, S.Si., M.Si., dan Dr. Eko Suharto, S.T., M.Si.

Pada kesempatan penelitian sistematis kali ini ada 14 judul proposal yang diajukan oleh calon peneliti. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah
- Perancangan Sistem Informasi Multipurpose Kadaster Basisdata PTSL bagi Multipihak di Kabupaten Boyolali (Studi Kasus: Desa Gondangrawe, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali). Oleh tim peneliti : Drs. Suharno, M.Si., dkk.
- Penggunaan Peta Foto untuk Validasi Data Bidang Tanah dan Akselerasi PTSL (Studi Kasus Kantor Pertanahan di Surabaya). Oleh tim peneliti : Ir. Eko Budi Wahyono, M.Si., dkk.
- Perumusan Pengaturan Tanah Musnah: Kondisi, Penyebab, dan Konsekuensinya di Kabupaten Demak Tim Kabupaten Demak oleh tim peneliti : Asih Retno Dewi, S.S.T, M.Ec.Dev., dkk.
- Perumusan Pengaturan Tanah Musnah: Kondisi, Penyebab, dan Konsekuensinya di Kabupaten Bogor oleh oleh tim peneliti : Rakhmat Riyadi, S.Si., M.Si., dkk.
- Perumusan Pengaturan Tanah Musnah: Kondisi, Penyebab, dan Konsekuensinya Kabupaten Sidoarjo oleh tim peneliti : Dr. Setyowati, M.Si., dkk.
- Prospek Pengembangan Pertanian Kemitraan Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Petani Berbasis Reforma Agraria. Oleh tim peneliti Dr. Dwi Wulan P, S.Ant., M.Hum., dkk.
- Pola Kebijakan Pengelolaan Lahan Kelompok Tani yang Merupakan Mitra Perusahaan HGU Perkebunan dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan dan Pengendalian Alih Kepemilikan. Oleh tim peneliti : Dr. Eko Suharto, S.T., M.Si., dkk.
- Unfinished Landreform: Pemetaan Persoalan Lahan Transmigrasi dan Penyelesaiannya di Kab. Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Mesuji. Oleh tim peneliti : M. Nazir Salim, S.S., M.A., dkk.
- Pelaksanaan Konversi Tanah Adat melalui Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap di Wilayah Desa Pakraman Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Oleh tim peneliti : I Gusti Nyoman Guntur, A.Ptnh., M.Si., dkk.
- Evaluasi Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Berbasis Partisipasi Masyarakat di Kantor Pertanahan Kabupaten Cirebon. Oleh tim peneliti : Dwi Wulan Titik A, A.Ptnh., M.Pd., dkk.
- Kesesuaian LSD, KP2B Dan RTRW Kabupaten, Permasalahan dan Solusi Studi di Kabupaten Sragen. Oleh tim peneliti : Drs. Abdul Haris Farid, M.Si., dkk.
- Penanganan Warisan Persoalan Tanah (Land Legacy Issues) Dalam Proses Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Waduk Jatigede Ditinjau dari Perspektif Internasional. Oleh tim peneliti: Wahyuni, S.H., M.Eng., dkk.
- Delimitasi dan Demarkasi Konflik Pertanahan Urutsewu di Desa Ayamputih dan Sentrojenar, Kabupaten Kebumen. Oleh tim peneliti : Tanjung Nugroho, S.T., M.T., dkk.
- Pola Konversi Penggunaan Lahan untuk Arahan Zonasi Ketahanan Pangan Berkualitas di Madiun, Provinsi Jawa Timur. Oleh tim peneliti : Dr. Ir. Rochmat Martanto, M.Si., dkk.
Luaran yang diharapkan dalam penelitian ini diantaranya meliputi: (1) Hasil penelitian berupa: artikel yang dimuat dalam jurnal terakreditasi baik jurnal nasional atau jurnal internasional, atau monografi, (2) Policy brief atau naskah kebijakan, dan (3) Bahan ajar dalam bentuk power point atau ppt.
