Nanos Gigantum Humeris Insidentes: Sebelum Meneliti Susunlah Bibliografi Beranotasi dan Kajian Pustaka

26 May 2020 by no comments

Nanos Gigantum Humeris Insidentes: Sebelum Meneliti Susunlah Bibliografi Beranotasi dan Kajian Pustaka
1257 Downloads

Judul: Nanos Gigantum Humeris Insidentes: Sebelum Meneliti Susunlah Bibliografi Beranotasi dan Kajian Pustaka
Penulis: Noer Fauzi Rachman dan Ahmad Nashih Luthfi
Tahun Terbit: Mei 2020
Penerbit: STPN Press
Halaman: xxxvi + 110 hlm.
ISBN: 978-602-7894-13-6

“Penulis buku menyajikan secara jelas bagaimana langkah-langkah dalam penelusuran literatur ini, apa dan bagaimana caranya menganalisis suatu naskah itu dan bagaimana menyusunnya menjadi annotasi bibliografi yang dapat digunakan sebagai dasar bagi peneliti untuk menentukan state of the art dari topik atau tema yang terkait dengan fokus penelitian. Dalam buku ini disampaikan juga contoh-contoh anotasi yang memudahkan pembaca yang baru untuk mengerti bagaimana membuat suatu anotasi bibliografi yang baik dan kajian pustaka yang baik.” (Suraya Afiff, PhD. Dosen Ekologi Politik, Departemen Antropologi, Universitas Indonesia).

“Sandaran keilmuan yang kokoh dalam memperoleh dan mengembangkan ilmu tidak hanya ditekankan dalam disiplin ilmu keagamaan (diistilahkan dengan sanad keilmuan), namun merupakan cara kerja keilmuan di bidang apapun. Dalam bahasa Arab, sanad selain berarti sandaran juga mengandung arti bukit: dalam konteks ini adalah akumulasi pengetahuan yang menjulang. Karena itu, sumbangan buku ini tidak terbatas pada aspek “how to” dalam melakukan kajian pustaka dan menyusun bibliografi beranotasi, namun juga mengingatkan kembali sikap dan etika dasar bagi semua penuntut ilmu.” (Mohamad Shohibuddin, dosen Fakultas Ekologi Manusia IPB dan anggota Pembina KMNU IPB)

“Kalau Anda tukang, alat kerja yang diajarkan buku ini untuk anda pakai adalah waterpas. Anda bisa saja tidak pakai, tapi kemungkinan besar bangunan yang anda bangun jadi doyong dan gampang ambyar.” (Bosman Batubara, PhD Candidate at the IHE Delft Institute for Water Education in the Netherlands).