It's better to be the only one, rather than the number one

Workshop Pembuatan Video Dokumenter hasil Penelitian

Yogyakarta, 12 Mei 2022, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (PPPM-STPN) mengadakan Workshop Pembuatan Video Dokumenter hasil Penelitian. Kegiatan workshop ini dilaksanakan di Hotel Grand Ambrukmo Yogyakarta dengan diikuti oleh seluruh dosen dan calon dosen serta tenaga kependidikan dan tim IT STPN. Pada kegiatan ini, dihadirkan narasumber Muhammad Zamzam Fauzanafi, S. Ant., M.A, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Antropologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) yang karya tesisnya di Jurusan Visual Anthropology, Granada Centre For Visual Anthropology, University Of Manchester, Inggris berupa sebuah karya video dokumenter. Bertindak sebagai moderator kegiatan tersebut adalah Susilo Widiyantoro, S.T., M.Eng.

Video dokumenter hasil penelitian merupakan bentuk diseminasi hasil penelitian dalam bentuk audio visual yang selama ini masih jarang dilirik oleh peneliti. Dalam pemaparan narasumber, disampaikan mengenai sejarah video dokumenter serta berbagai pendekatan dalam pembuatannya. Bentuk video sebagai salah satu hasil penelitian dan karya akademis telah mulai diakui validitas dan nilai ilmiahnya baik dalam pembuatan tesis dan disertasi di luar negeri. Pada level publikasi internasional, beberapa jurnal internasional terindeks scopus telah mengakui video sebagai sebuah karya ilmiah yang dapat di submitt dan dipublikasikan secara luas. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan global telah begitu massif, sehingga bentuk-bentuk diseminasi hasil penelitian maupun karya ilmiah kini tidak lagi terbatas pada karya verbal berupa tulisan namun juga non verbal melalui video dokumenter. Pada sesi siang workshop ini, para peserta dipersilahkan untuk secara langsung praktik membuat video sederhana yang dipandu oleh Tim IT Pusat Data dan Informasi STPN. Pembuatan video ini dimulai dengan pengambilan gambar serta proses editing sederhana dengan bantuan aplikasi capcut yang terdapat di android.

Kegiatan ditutup oleh Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan Bapak Ir. Eko Budi Wahyono, M.Si. Beliau kembali mengingatkan peran vital dosen di dunia akademis yang perlu merespon dan mengembangkan diri secara cepat dan profesional terhadap tuntutan perkembangan global salah satunya melalui hasil penelitian yang dapat dinikmati melalui berbagai panca indera.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story