It's better to be the only one, rather than the number one

Seminar Progress Report Penelitian Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Tahun 2022

Yogyakarta, 30 Agustus 2022, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (PPPM-STPN) melaksanakan kegiatan Seminar Progress Report Penelitian Tahun 2022. Pelaksanaan progress report ini berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 29 – 30 Agustus 2022 bertempat di Ruang Sidang PPPM. Seminar progress report merupakan rangkaian dari kegiatan penelitian yang diselenggarakan oleh PPPM. Tahapan ini dilaksanakan setelah tim peneliti melaksanakan turun lapang. Presentasi progress report dihadiri oleh anggota tim peneliti, dan dipimpin langsung oleh Ketua STPN. Pada kesempatan ini para peneliti mempresentasikan hasil temuan di lapangan serta proses pengolahan dan analisis data yang telah dilaksanakan. Progress hasil penelitian yang telah dipresentasikan pada kesempatan tersebut kemudian mendapatkan masukan dari tim reviewer sebagai upaya penyempurnaan hasil akhir dari penelitian yang sudah dilaksanakan.

Pada tahun ini, jumlah penelitian yang diselenggarakan oleh PPPM adalah sebanyak 22 judul penelitian yang terbagi atas penelitian strategis dalam rangka pengembangan keilmuan dan mengupdate materi perkuliahan, serta penelitian sistematis yang mengangkat isu-isu yang sedang menjadi perhatian Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN. Tema yang diteliti antara lain adalah mengenai Reforma Agraria, PTSL dan pemanfaatan data pertanahan untuk multipurpose cadastre, tanah adat, OSS dan KKPR, penataan ruang dan pendaftaran tanah di wilayah pesisir, penyelesaian sengketa dan konflik agraria, serta pengadaan tanah. Hasil dari penelitian diharapkan bermuara pada dihasilkannya policy brief sebagai masukan untuk perumusan kebijakan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, serta naskah publikasi pada jurnal dan buku, dan juga bahan ajar untuk menambah khasanah dan wawasan para peserta didik di STPN. Selain itu dapat juga digunakan untuk mengumpan program pengabdian kepada masyarakat oleh PPPM.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story