Pengembangan Kapasitas Masyarakat Di Bidang Pertanahan Di Desa Sri Martani Tahun 2014

5 February 2016 by no comments Posted in Rilis Berita

Pengabdian masyarakat yang dilakukan di Desa Sri Martani ini merupakan kegiatan rintisan yang akan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat pada tahun-tahun mendatang. Kegiatan penyuluhan dan pengembangan kapasitas masyarakat desa di Desa Srimartani Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul merupakan kegiatan multi years, yang akan dilaksanakan secara bertahap.

Kegiatan pemberdayaan di Desa Sri Martani ini dimaksudkan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran pertanahan masyarakat, yang sekaligus melakukan pengembangan kapasitas masyarakat, dengan menumbuhkan kesadaran tentang: (1) pentingnya membangun masyarakat yang sadar pertanahan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan, (2) hukum pertanahan yang berlaku, (3) administrasi dan pengurusan hak atas tanah, (4) penggunaan dan pemanfaatan tanah. Hal ini didasari oleh tujuan kegiatan ini, yaitu membangun masyarakat sadar pertanahan yang mampu memanfaatkan segenap potensi pertanahan yang dimilikinya agar dapat mencapai kesejahteraan.

Kegiatan pemberdayaan di Desa Sri Martani dimulai dengan koordinasi (persiapan) pelaksanaan yang dilakukan pada tanggal 4 September 2014, Tahap kedua kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Sri Martani dilaksanakan pada tanggal 14 September 2014, dan Tahap ketiga kegiatan pemberdayaan di Desa Sri Martani adalah kegiatan temu karya karang taruna yang dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Desember 2014.

Baca selengkapnya di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story