It's better to be the only one, rather than the number one

Pendampingan Di Lokasi Konsolidasi Tanah Pascabencana Di Merapi Tahun 2014

Pendampingan pelaksanaan konsolidasi tanah dilaksanakan di Desa Kepuharjo, dan Desa Umbulharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Cakupan lokasi kegiatan ini berbeda dengan rencana semula yang juga meliputi Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman, yang karena sesuatu hal Desa Glagaharjo tidak masuk dalam realisasi kegiatan.

Tim Penyuluh PPPM STPN berpartisipasi pada kegiatan penyuluhan di Desa Kepuharjo dan Desa Umbulharjo, yaitu: Pertama, di Balai Desa Kepuharjo pada Hari Kamis tanggal 6 Februari 2014 jam 09.00 – 11.30 WIB, yang diikuti oleh 7 orang dosen STPN. Kedua, di Balai Desa Umbulharjo pada Hari Jum’at tanggal 7 Februari 2014 jam 19.00 – 22.00 WIB, yang diikuti oleh 4 orang dosen STPN. Ketiga, di Balai Desa Kepuharjo pada Hari Senin tanggal 10 Februari 2014 jam 09.00 – 11.30 WIB, yang diikuti oleh 5 orang dosen STPN.

Sebagai kegiatan yang dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat pasca meletusnya Gunung Merapi, kegiatan Konsolidasi Tanah di Lereng Merapi, tepatnya di Desa Umbulharjo dan Desa Kepuharjo ini akan “bermuara” pada penerbitan sertipikat hak atas tanah masyarakat, yang kemudian akan dilanjutkan dengan berbagai upaya untuk mewujudkan eco-tourism di wilayah tersebut. Sebagai bentuk dukungan bagi terwujudnya eco-tourism di lereng Merapi, sudah selayaknya STPN melakukan profiling terhadap 6 (enam) dusun yang menjadi tempat pelaksanaan konsolidasi tanah, yaitu: (1) Dusun Pengukrejo, Desa Umbulharjo yang memiliki obyek konsolidasi tanah sebanyak 486 bidang. (2) Dusun Pelemsari, Desa Umbulharjo yang memiliki obyek konsolidasi tanah sebanyak 167 bidang. (3) Dusun Petung, Desa Kepuharjo yang memiliki obyek konsolidasi tanah sebanyak 325 bidang. (4) Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo yang memiliki obyek konsolidasi tanah sebanyak 301 bidang. (5) Dusun Jambu, Desa Kepuharjo yang memiliki obyek konsolidasi tanah sebanyak 230 bidang. (6) Dusun Kopeng, Desa Kepuharjo yang memiliki obyek konsolidasi tanah sebanyak 203 bidang.

Baca selengkapnya di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story