PENELITIAN STRATEGIS TAHUN 2015

10 February 2016 by no comments Posted in Penelitian

Penelitian Strategis Tahun 2015 Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (PPPM-STPN), tema yang diangkat dalam kegiatan penelitian Strategis PPPM-STPN adalah ‘Reforma Kelembagaan dan Kebijakan Agraria’. Tema ini dipilih untuk membingkai judul-judul penelitian yang diarahkan terutama untuk memperkaya bahan ajar melalui updating isu-isu kontemporer di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam upaya meng-upgrade pemahaman atas isu-isu terbaru, tema ini juga disesuaikan dengan hasil Rakernas BPN  tahun 2015 sehingga menjadi satu kesatuan yang memiliki benang merah. Penelitian di tahun 2015 ini dilaksanakan dengan mekanisme  call for proposal yang menghasilkan 17 judul penelitian terseleksi yang terdiri dari 14 judul penelitian yang dilaksanakan dengan skema pendanaan dari DIPA STPN dan 3 judul penelitian yang dilakukan secara swadana oleh tim peneliti sendiri. Kesemuanya dilakukan dengan mekanisme alur penelitian sebagaimana prosedur operasional penelitian di PPPM.

Berikut judul penelitian tersebut :

  1. “Skema Pemulihan Perlindungan Hak Ulayat Masyarakat Adat Cek Bocek Selesek Reen Sury Pada Kawasan Hutan Pasca Putusan MK No.35/PUU-X/2012 Di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat”.
  2. “Kebijakan Penyediaan Lahan Mendukung Ketahanan Pangan di Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur”.
  3. Kontribusi Kantor Pertanahan Terhadap Penataan Ruang Pesisir Kabupaten Kendal.
  4. “Perbandingan Antara Capital Gain Pada Investasi Tanah Dengan Pertumbuhan Ekonomi Dan Laju Inflasi Di Kabupaten Klaten (Periode 2005-2013)”.
  5. Eksistensi Hak Prioritas dalan Rangka Perolehan Hak Atas Tanah (Studi Di Kantor Pertanahan Kota Semarang).
  6. Sejarah Kelembagaan Agraria, Dari Kementrian Menjadi Direktorat Jendral, 1961-1970an.
  7. Upaya Pengendalian Penggunaan Tanah Di Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah.
  8. Kajian Hukum Tentang Keberadaan Hak Prioritas Dalam Penyelesaian Masalah Pertanahan.
  9. Skema Pemulihan Perlindungan Hak Ulayat Masyarakat Adat Cek Bocek Selesek Reen Sury Pada Kawasan Hutan Pasca Putusan MK No.35/PUU-X/2012 Di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  10. Relasi  Kuasa  Dalam  Pemberdayaan  Petani (Studi  Strategi  Pertanahan Pemerintah  Desa  Prigelan Kecamatan  Pituruh  Kabupaten  Purworejo).
  11. Kompatibilitas Petani Saat Legalisasi Aset Oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Boyolali (Studi Di Desa Seboto, Kec. Ampel, Kab. Boyolali).
  12. Upaya Pengendalian Penggunaan Tanah Di Kebupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah.
  13. Penertiban Dan Pendayagunaan Tanah Terlantar Eks Pt. Perkebunan Tratak Batang.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story