It's better to be the only one, rather than the number one

Audit internal

Dalam menjalankan penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan tinggi (Tri Dharma PT) PPPM STPN melaksanakan Audit Internal. Kegiatan ini dilakukan satu tahun sekali yang merupakan masukan untuk perbaikan berkelanjutan bagi pengelola dan penyelenggara kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan terciptanya standar mutu yang ditetapkan oleh lembaga sekaligus memantau efektivitas kinerja lembaga sesuai kompetensinya.

Kegiatan Audit Internal dimulai dari perencanaan, schedule kegiatan, koordinasi tentang kriteria yang dibuat, pelaksanaan, pengendalian, pemantauan, kompetensi. Langkah-langkah Pelaksanaan Audit Internal sebagai berikut:

  1. Manajer mutu mengkoordinasikan pelaksanaan audit internal dengan Manajer Puncak
  2. Manajer mutu melakukan koordinasi dengan seluruh personil PPPM paling lambat satu hari menjelang pelaksanaan audit.
  3. Manajer mutu memastikan yang akan menjadi lead auditor ketika proses audit berlangsung.
  4. Manajer mutu memastikan personil PPPM yang bertanggungjawab untuk memberikan informasi ketika proses wawancara oleh auditor berlangsung
  5. Manajer mutu bersama dengan staf administrasi PPPM menyiapkan kelengkapan yang diperlukan dalam pelaksanaan audit (daftar hadir, ruangan pelaksanaan audit, dokumen periksa).
  6. Manajer mutu mengkoordinir penataan dokumen periksa yang diperlukan dalam proses pelaksanaan audit.
  7. Manajer mutu menyimpan semua rekaman proses pelaksanaan audit internal.

Audit Internal ini dilakukan untuk pencocokan kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan suatu kegiatan/program, serta mencari peluang peningkatan bagi PPPM. Tujuan dari Audit Internal ini adalah: memastikan implementasi sistem manajemen sesuai dengan sasaran/tujuan; mengidentifikasi peluang perbaikan; mengevaluasi efektivitas penerapan sistem manajemen mutu; memastikan sistem manajemen memenuhi standar/regulasi.